Kimia Organik Sintesis

Total Synthesis of Natural Products

Natural Products adalah senyawa kimia atau zat yang diproduksi oleh organisme hidup - yang ditemukan di alam . Dalam arti luas, Natural Products mencakup zat yang dihasilkan oleh kehidupan. Natural Products juga dapat disiapkan dengan sintesis kimia (baik semisintesis maupun sintesis total ) dan telah memainkan peran sentral dalam pengembangan bidang kimia organik dengan memberikan target sintetis yang menantang. Istilah Natural Products juga telah diperluas untuk tujuan komersial untuk merujuk pada kosmetik, suplemen makanan, dan makanan yang dihasilkan dari sumber alami tanpa menambahkan bahan buatan.



Dalam bidang kimia organik , definisi Natural Products biasanya dibatasi untuk berarti senyawa organik murni yang diisolasi dari sumber alami yang dihasilkan oleh jalur metabolisme primer atau sekunder . Dalam bidang kimia obat , definisi ini seringkali lebih terbatas pada metabolit sekunder. Metabolit sekunder tidak penting untuk bertahan hidup, namun demikian menyediakan organisme yang menghasilkan keuntungan evolusioner. Banyak metabolit sekunder bersifat sitotoksik dan telah dipilih dan dioptimalkan melalui evolusi untuk digunakan sebagai agen "perang kimia" terhadap mangsa, predator, dan organisme yang bersaing.

Berikut Jalur Biosintesis Metabolit primer dan sekunder untuk menghasilkan natural products :

Salah satu senyawa alam yang akan kita bahas adalah Nakiterpiosin.

Berikut adalah Jalur sintesisnya :


(-) - Nakiterpiosin, diisolasi dari spons encer yang tipis Terpios hoshinota , memiliki IC 50 melawan sel leukemia P388 murine 10 ng /mL. Rute sintetis praktis ke 3 berdasarkan kopling konvergen 1 dan 2 .

Persiapan 1 didasarkan pada siklisasi intramolekul [4 + 2] dari furan 9 , disiapkan oleh asilasi Friedel-Crafts dari furan ( 4 ) dengan anhidrida maleat ( 5 ). Konfigurasi absolut alkohol sekunder ditentukan oleh reduksi Noyori, dengan menggunakan format natrium sebagai sumber hidrida.

Siklisasi 9 sampai 10 dilanjutkan dengan diastereokontrol tinggi, mungkin dengan cara transisi transisi chelated. Seperti yang diharapkan, siklisasi silil eter dari 9 menghasilkan diasteromeromer pelengkap. Karena siklisasi 9 mudah reversibel, cepat dibawa ke bromida 11 . Pembelahan oksidatif diol diikuti dengan pengurangan dan perlindungan selektif kemudian menyelesaikan sintesis 1 .

Persiapan 2 dimulai dengan asam bromo komersial 12 . Epoksida enansiomer yang diperkaya enansiomer dibangun dengan cara biasa, dengan homologasi aldehid ke alkohol allylic diikuti oleh epoxidation Sharpless. Saat terpapar katalis Yamamoto, 13 diolah kembali dengan mulus ke aldehida 14 . Kondensasi 14 dengan 15 kemudian memberi 16 , dengan sedikit erosi kelebihan enansiomerik selama dua tahap.

Sayangnya, 16 adalah diastereomer yang salah, jadi harus terbalik. Dengan aldehida 17 di tangan, konversi ke diklorida diikuti oleh pertukaran kelompok fungsional menyelesaikan pembangunan 2 .

Kopling karbonil dari 1 dan 2 menyebabkan enone 18 . Fotokimia Nazarov siklisasi 18 berjalan dengan diharapkan diastereocontrol tinggi yang diharapkan, untuk memberikan, setelah epimerisasi, produk trans-anti-trans yang diinginkan. Deproteksi kemudian menyelesaikan sintesis (-) - Nakiterpiosin ( 3 ). Perlu dicatat bahwa fungsi A-ring penuh dari 3 kompatibel dengan kondisi siklisasi fotokimia.

Pekerjaan Chen terhadap sintesis total (-) - nakiterpoisin ( 3 ) menyebabkan koreksi konfigurasi relatif dari substituen diklorometil dan dari bromida sekunder. Ketersediaan 3 oleh sintesis total sangat menarik, karena telah terbukti mengganggu jalur pensinyalan Hedgehog. Ada potensi, berdasarkan aktivitas ini, turunan dari 3 mungkin berguna sebagai tambahan dalam kemoterapi kanker.




Sumber :

https://en.wikipedia.org/wiki/Natural_product

http://www.organic-chemistry.org/Highlights/2010/06December.shtm

Total Synthesis of Natural Products. At the Frontiers of Organic Chemistry Bearbeitet von Jie Jack Li, E.J. Corey 1. Auflage 2013.


http://emilleilmansyah.blogspot.co.id/2015/11/identifikasi-senyawa-organik-ii-metode.html
Bagikan:

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads