Kimia Organik Sintesis

The Art and Science Of total Symthesis

Sintesis organik adalah pembangun dari senyawa organik kompleks dengan bahan awal senyawa sederhana oleh serangkaian reaksi kimia. Senyawa yang disintesis sintesis (hasil sintesis) di alam disebut produk alami. Alam menyediakan sejumlah besar senyawa organik dan kebanyakan memiliki sifat kimia dan farmasi yang menarik. Contoh produk alami termasuk kolesterol (1.1), sebuah steroid yang ditemukan di sebagian besar jaringan tubuh, limonene (1.2), sebuah terpene yang ditemukan dalam minyak lemon dan jeruk, kafein (1.3), sebuah purin ditemukan dalam daun teh dan biji kopi, dan morfin (1.4), alkaloid ditemukan dalam opium.


Graphical abstract: The art of total synthesis through cascade reactions
Scheele juga berhasil membuat asam oksalat dengan cara oksidasi gula oleh asam nitrat. Ia juga menemukan gliserol sebagai senyawa yang terdapat pada lemak hewan dan  minyak tumbuhan.

Setelah tahun 1800, Proust mempelajari cairan dari buah serta mengidentifikasi tiga jenis gula yaitu sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Gottlieb Kirchof menemukan bahwa apabila pati (amiluta) dipanaskan bersama asam sulfat, glukosa dapat diisolasi dalam bentuk sirop. Beberapa tahun kemudian, Hendri Braconnot, seorang ahli kimia Perancis, uga memperoleh glukosa dengan cara memanaskan perca kain dengan asam sulfat. Gay-Lussac dan Louis Jacques Thenard membuktikan melalui analisis bahwa gula, pati dan selulosa mengandung unsur hidrogen dan oksigen dalam perbandingan berbanding satu.

Ahli kimia yang lain juga memberikan sumbangan bagi perkembangan sintesis senyawa organik dari senyawa anorganik ialah Berhelot Pierre Eugene Marcelin Berhelot. Tahun 1856 ia mula mempelajari kemungkinan membuat senyawa organik dari senyawa anorganik dan melakukan eksperimen tentang sintesis metana, etilena, naftalena dari karbon disulfida dan hydrogen sulfida yang keduanya dapat disintesis, asitelina dengan mengalirkan gas hidrogen melalui unga api listrik yang dihasilkan oleh elektroda karbon. Tahun 1862 dan pada tahun 1866 ia pun melali tabung yang dipanaskan. Selanjutnya ia berhasil membuat metil alkohol dan etil alkohol.
Sintesis dari molekul organik adalah aspek yang paling penting dari kimia organik. Ada dua bidang utama penelitian di bidang sintesis organik, yaitu sintesis total (total sythesis) dan metodologi (metodhology). Sebuah sintesis total adalah sintesis kimia lengkap senyawa kimia organik yang komplek dari molekul yang simpel (sederhana), yang tersedia secara komersial atau perkusor alami. Penelitian metodologi biasanya melibatkan tiga tahapan utama, yaitu penemuan (Discovery), optimasi dan study lingkungan (optimization and studyof scope) dan keterbatasan (Limitations). Beberapa kelompok peneliti dapat melakukan sintesis total untuk menampilkan metodologi baru dan dengan demikian menunjukkan aplikasinya untuk sintesis kompleks senyawa lainnya.
Karena keandalan, spesifisitas dan biokompatibilitas klik kimia, aplikasi adalah ditemukan di hampir semua bidang kimia modern dari penemuan obat untuk ilmu material. klik juga bisa terjadi pada senyawa yang bertindak membantu jalannya reaksi yaitu katalis. liti dapat melakukan sintesis total untuk menampilkan metodologi baru dan dengan demikian menunjukkan aplikasinya untuk sintesis kompleks senyawa lainnya.


Berdasarkan gambar di atas, menggambarkan suatu seni dalam sintesis organik yang terjadi oleh pembentukan katalis atau zat intermediet saat proses alkilasi asimeteri. Hal ini merupakan gambaran bagaimana proses siklik juga bisa terjadi pada senyawa yang bertindak membantu jalannya reaksi yaitu katalis. liti dapat melakukan sintesis total untuk menampilkan metodologi baru dan dengan demikian menunjukkan aplikasinya untuk sintesis kompleks senyawa lainnya.
Sumber :
Muhammad Ghadafi.2011. sintesis kimia organik.
Peter Wuts 2006. Protective Groups In OrganicSynthesis. Wuts Chemistry Consulting
an demikian menunjukkan aplikasinya untuk sintesis kompleks senyawa lainnya.
http://pubs.rsc.org/en/content/articlelanding/2009/cs/b903290h#!divAbstract
http://iftahal-muttaqin.blogspot.co.id/2015/04/sejarah-kimia-kelompok-7-perkembangan.html


Baca Juga : cara menjalani kehidupan di dunia

Bagikan:

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads